Cara mengatasi Ubuntu tidak bisa masuk mode GUI setelah upgrade kernel


Saya mau berbagi pengalaman saya waktu Ubuntu saya tidak bisa masuk GUI setelah melakukan upgrade kernel.

Mungkin cara ini berbeda dengan cara yang lainnya karena ini hanya berdasar pada pengalaman saya. Pada saat mengatasi hal ini saya menggunakan Elementary os berbasis Ubuntu 12.04 dengan prosesor AMD.

Jika anda ingin meningkatkan versi kernel Ubuntu anda terlebih dahulu copot driver grafis propietary baik itu ATI dan Nvidia. Instal ulang fglrx bawaan Ubuntu. Hal ini yang membuat crash antara kernel baru dan driver grafis.

Jika sudah terlanjur menginstal kernel baru dan dapat bonus tidak bisa masuk GUI, hmmm... membutuhkan kesabaran ekstra. Cara mengatasinya ya dengan menginstal lagi driver grafis  lagi.

Berikut langkah-langkah mengatasinya :

1. Downgrade kernel
Jika Anda coba-coba menginstal kernel baru dan tidak ada masalah dengan kernel lama lebih baik kembali ke kernel lama. Saya misalkan saya upgrade dari 3.2.0-51 ke 3.5.0-23. Untuk melakukan downgrade kernel lakukan perintah berikut :

Masuk terminal tekan Ctrl+Alt+F1 login dengan akun anda.

$ sudo apt-get remove --purge 3.5.0
$ sudo update-grub

2. Setelah me-downgrade kernel belum juga bisa masuk GUI. Selanjutnya kita instal ulang driver grafisnya. Berhubung saya hanya memakai AMD saya coba terangkan cara instal AMD Catalyst Driver. Anda bisa mendapatkannya disini. Ekstrak sehingga berekstensi .run.

Untuk menginstalnya suntikkan AMD Catalyst ke direktori home sistem Ubuntu Anda menggunakan Ubuntu liveCD atau liveUSB ke direktori /home/namapenguna/. Sederhanakan namanya agar mudah diingat agar mudah mengetikkan di terminal misalnya driver.run.

 Sekarang kembali ke sistem, bukan LiveCD. Menginstal driver :
$ sudo ./driver.run --force
 atau instal AMD Catalyst secara Online
$ wget -c www2.ati.com/drivers/embedded/13.151-130819a-161839C-EDG_Direct.zip
$ unzip 13.151-130819a-161839C-EDG_Direct.zip
$ sudo chmod +x amd-driver-installer-13.151-x86.x86_64.run
$ ./amd-driver-installer-13.151-x86.x86_64.run

Selesai menginstal driver seharusnya sudah bisa kembali ke mode GUI.
Berhubung saya belum pernah menggunakan komputer dengan prosesor Intel, mohon maaf sekali saya belum bisa membantu. Tetapi pada prinsipnya sama.

2 Responses to "Cara mengatasi Ubuntu tidak bisa masuk mode GUI setelah upgrade kernel"


  1. Bosan main poker sama ROBOT? Kapan menangnya?
    Mari bergabung bersama kami di IONQQ'NET , main poker tanpa Robot 100% player vs player,,,
    Add bbm kami *58ab14f5*

    ReplyDelete

wdcfawqafwef