Tips seputar dualboot Windows dan Linux



Kali ini saya akan berbagi sedikit yang saya ketahui tentang dualboot. Bagi Anda yang belum pernah menginstal dua atau lebih sistem operasi dalam satu komputer pasti ada pertanyaan seperti berikut :


1. Apa yang pertama disiapkan untuk melakukan dualboot ?

    Siapkan partisi khusus untuk masing-masing sistem operasi.
    Partisi C pada windows  digunakan untuk sistem Windows, maka Anda harus menyiapkan dua partisi untuk linux, satu untuk sistem operasi Linux dan satu untuk Swap Linux. 

Rapikan dahulu pembagian partisi anda. Pindahkan data-data yang ada pada partisi yang mau diinstal sistem operasi kedua, karena partisi akan diformat dan data-data dipastikan akan hilang.

2. Apakah nanti sistem akan menjadi lambat karena pengaruh dualboot ?

    Tidak, karena pada saat komputer menyala hanya menggunakan satu sistem operasi dan sistem operasi yang lain  tidak digunakan.

    Ya, jika Anda menginstal Linux Ubuntu dengan wubi berarti Anda menginstal linux didalam Windows, maka dalam hal ini sistem operasi didalam sistem operasi dan akan bersifat seperti aplikasi windows lainnya, tidak akan bekerja secara maksimal karena linux bekerja di lingkungan Windows. Tidak akan secepat jika diinstal secara mandiri. Selain itu jika sistem Windows rusak Linux Ubuntu didalamnya juga rusak.

Jadi lebih baik instal linux pada partisi mandiri, biarpun sistem Windowsnya rusak, sistem operasi Linux tidak akan terganggu. Juga sangat bermanfaat sekali jika sistem windows terkena virus, berkas-berkas dokumen yang tidak muncul karena virus bisa dibuka di linux.

3. Apakah data-data saya bisa hilang ?

    Ya, bila Anda tidak hati-hati memilih partisi, bahkan data seluruh harddisk  bisa hilang. Istilah partisi : Pada sistem Windows partisi dinamai dari C, D, E, F dst. Pada sistem Linux partisi dinamai dari sda1, sda2, sda3, sda4, dst.

 Saat instal ubuntu akan ada menu pemilahan partisi berikut
  •  Instal Ubuntu disamping Windows
  • Ganti Windows dengan Ubuntu
  • Sesuatu yang lain (something else )
Pilih sesuatu yang lain dan buat dan edit partisi dibagian ini.

3. Bagaimana memformat partisi untuk sistem Linux ?

Sistem Windows menggunakan File system NTFS sedangkan sistem Linux menggunakan File System ext4. Maka anda harus menyiapkan partisi dengan format ext4. Pilih format partisi ext4 pada saat mengedit partisi dan buat mount point (titik kait) "/" tanpa tanda kutip.

4. Apa itu partisi SWAP ?

    Partisi SWAP adalah partisi tambahan yang digunakan linux bila kehabisan memori RAM. Format partisi Swap adalah linux-swap

5. Berapa ukuran partisi SWAP ?

    Jika Kapasitas memori RAM Anda kurang dari 2Gb. Sebaiknya Ukuran partisi SWAP dua kali kapasitas RAM. Jika kapasitas RAM Anda lebih dari 2Gb sebaiknya ukuran partisi SWAP dibuat 1Gb saja, karena dengan memori 2Gb rata-rata sudah mampu menangani kebutuhan memori sistem.

6. 64 bit atau 32  bit ?

    Tergantung arsitektur CPU Anda. Jika CPU Anda 32 bit maka pilih sistem operasi 32bit. Jika arsitektur CPU Anda x86_64, bisa menggunakan 32 bit atau 64 bit, perlu dipertimbangkan juga kapasitas RAM komputer anda jika kurang dari 2Gb sebaiknya gunakan yang versi 32 bit.

7. Apakah tidak apa-apa jika saya menginstal windows 32 bit dan linux 64 bit ?

    Tidak, apa-apa asal arsitektur CPU mendukung (5).


8. Apakah yang harus dilakukan setelah berhasil memasang sistem operasi kedua?

Ketika anda menginstal sistem operasi yang kedua, pengaturan boot sistem operasi pertama akan tertimpa oleh sistem operasi kedua. Sehingga saat menyalakan komputer hanya boot ke sistem operasi yang kedua. Jangan panik memang begitu adanya. Nah, untuk memunculkan menu sistem operasi untuk memilih sistem operasi anda perlu memunculkan entri sistem operasi pada menu boot.

 Jika anda ingin menggunakan Windows boot manager silahkan gunakan aplikasi EasyBCD versi 2.2 ke atas dan bila ingin menggunakan Linux boot manager (grub2) Silahkan instal grub. Saya sudah menulis penjelasannya disini.



1 Response to "Tips seputar dualboot Windows dan Linux"

  1. mari bermain bersama kami di ION QQ , COM ...
    banyak hadiah dan bonus yang menanti anda.
    pin BB 58ab14f5.

    ReplyDelete

wdcfawqafwef